Sunday, September 25, 2016

DANDHANGAN

Post oleh : andi wahid | Rilis : 10:02 PM | Series :


SEPUTAR TRADISI DANDHANGAN
D
andhangan adalah semacam pesta rakyat yang dilaksanakan di sekitar Masjid Menara Kudus, sepanjang jalan Sunan Kudus sampai ke Alun-alun Kudus. Tradisi Dandhangan untuk tahun-tahun lalu biasanya dimulai sejak memasuki bulan Sya'ban , namun untuk tahun ini dimulai tanggal 28 Mei 2015 sampai menjelang bulan Ramandhan tiba. Sekitar 350 pedagang menggelar lapaknya di sepanjang Masjid Menara dan jalan Sunan Kudus. Aneka dagangan digelar, mulai dari makanan khas tradisional, mainan anak-anak tradisional, pakaian, accessories dan aneka kebutuhan lainnya.



Dandhangan diambil dari kata Dang-dang-dang...yang merupakan suara tabuh bedug, sebagai pertanda memasuki bulan Ramandhan pada jaman Sunan kudus. Pada saat itulah Sunan Kudus yang merupakan pemuka dan panutan agama Islam di Kudus mengumumkan saat dimulainya bulan Ramandhan tiba. Pada saat itulah para santri dan masyarakat berkumpul di sekitar masjid Menara untuk menanti datangnya pengumuman tersebut. Karena banyaknya orang yang berkumpul lama-lama banyak juga orang yang berdagang untuk keperluan sahur pada Ramandhan hari pertama. Semakin lama semakin banyak pedagang yang ikut berdagang di sekitar Masjid Al-Aqsha hingga meluber ke sepanjang jalan Sunan Kudus.


Namun, saat ini semakin terasa adanya pergeseran filosofi , yang tadinya merupakan pesta budaya dan tradisi, sekarang sudah cenderung menjadi filosofi ekonomi, dengan semakin membludaknya pedagang dan aneka dagangannya seperti pasar malam umumnya. Para pedagang ini tidak hanya berasal dari Kudus, namun banyak yang dari berbagai kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.
Pengunjung Dandhangan bukan hanya berasal dari Kudus saja, namun juga dari berbagai daerah sekitar Kudus seperti Demak, Pati, Jepara dan sebagainya. Makanya kita harus semakin hati-hati bila hendak berkunjung ke arena Dandhangan ini. Karena semakin ramai dan otomatis berdesakan di keramain.
Nah itulah salah satu Tradisi Budaya Kudus yang wajib anda coba.
TERIMA KASIH : )

google+

linkedin