Tuesday, September 27, 2016

GOLOK-GOLOK MENTHOK

Post oleh : andi wahid | Rilis : 7:37 PM | Series :


TRADISI GOLOK-GOLOK MENTHOK
Ada berbagai tradisi unik di setiap daerah dalam merayakan Hari Jadi Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah Golok-Golok Menthok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Golok-Golok Menthok adalah tradisi berkumpul di langgar atau mushola dan saling bertukar ketan yang ditanak dan srundeng atau abon yang diletakkan dalam keranjang kecil (Nanya). Terkadang nanya berisi makanan ringan yang banyak disukai anak-anak. Tradisi ini dilakukan oleh keluarga yang mempunyai anak perempuan. namun dalam kenyataannya anak lelaki juga boleh menyemarakkan acara tradisi ini.
Tradisi ini tidak hanya untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tapi juga sebagai ajang kreativitas anak-anak dalam menghias nanya-nya. Nanya dihias dengan kertas warna-warni agar orang mau menukarnya dengan miliknya. Ada lagu unik yang mengiringi tradisi ini golok-golok menthok ini, “ golok-golok menthok selametane bocah wedok, cah lanang, ra entuk njanthok, nek njanthok udele ketok ”. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah Golok-golok menthok, selamatannya anak perempuan, anak laki-laki tidak boleh minta kalau minta pusarnya kelihatan.
Namun, tradisi ini memudar seiring berjalannya waktu. Sekarang jarang ditemui masyarakat yang masih melakukan tradisi ini. Daerah yang masih rutin melakukan tradisi ini adalah Desa Loram, Kabupaten Kudus. Di desa ini acara Golok-Golok Mentok dilakukan di mushola dengan mengaji dan bertukar nanya yang tidak hanya dihadiri anak perempuan tetapi laki-laki juga.
Sangat disayangkan sebab tradisi ini merupakan tradisi asli Kudus yang digali dari kearifan lokal setempat. Pada bulan Februari 2012 lalu, para remaja Musholla Qurrotu ‘Aini Dukuh Karang Rejo O4/I Loram Kulon mencoba untuk mengingatkan kita kembali akan kejayaan Nanya Golok-Golok Menthok dengan membuat nanya berukuran super besar yang dibawa dalam acara Fesival Ampyang Maulid. Ampyang Maulid adalah festival tradisional yang diadakan di Desa Loram Kulon, Kabupaten Kudus.

google+

linkedin